Hobi memelihara burung dan cara merawat burung ?
Di Komunitas Pleci Mania Pacitan atau disingkat KPMP adalah salah satu wadah tukar ilmu mengenai burung peliharaan dan cara merawat burung, cara membedakan burung jantan dan betina, dan juga dilengkapi panduan beternak dan budidaya burung serta area download kicau burung untuk masteran.

Selasa, 24 Januari 2012

Gaya Burung Pleci Mulai Punya Pamor

Banyak Ragam Suku burung-burung kacamata (Zosteropidae) mencakup sejumlah burung pengicau (Passeriformes) kecil yang cenderung tersebar di daerah tropika di Dunia Lama (termasuk Australasia). Genus pencirinya adalah Zosterops. Burung-burung anggota suku ini dicirikan dengan lingkaran di sekitar mata berwarna putih (dari sini nama bahasa Inggris white-eye berasal) atau abu-abu.

Banyak anggotanya yang bersifat endemik di suatu pulau atau kepulauan, seperti jenis yang baru ditemukan tahun 2007 di Kepulauan Togian, Sulawesi Tengah.

Penampilan anggotanya sangat "biasa", tidak ada ciri mencolok, kecuali adanya segaris lingkaran di sekitar mata. Sayapnya melingkar dan memiliki kaki yang kuat. Ukurannya kecil, hingga sepanjang 15cm. Warna bulu biasanya hijau kelabu, tetapi ada jenisnya yang memiliki bulu leher dan perut berwarna putih atau kuning. Semua anggotanya senang berkelompok, terbang dalam kawanan. Dalam musim kawin, mereka membangun sarang di pohon dengan telur biru pucat 2-4 butir. Menu utamanya serangga dan buah-buah kecil, serta nektar. Di Australia bahkan ada yang menjadi hama di perkebunan anggur karena bertengger di tangkai dan melukai tanaman.

Tips memilih pleci :

body panjang dan besar
lingkar mata nya tebel
tidak ada cacat
paruh tebal dan panjang

Perawatan :

1.Jaga kebersihan kandang/sangkar
2.Mandikan pagi/sore dengan cara di semprot atau sediakan cepuk berisi air supaya burung mandi sendiri .
3.Kasih makan kroto 1/4 sendok/hari
4.Buah buahan seperti pepaya dan pisang

Perbedaan Betina dan Jantan :

1.Pleci Jantan mempunyai lingkar mata yang lebih tebal dan tajam
2.Pleci Jantan warna hijaunya lebih tajam
3.Bisa juga di lihat kloaka/duburnya dengan cara di tiup kalau lebih menonjol berarti jantan.cukup menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar